WUJUDKAN KEBIASAAN HIDUP SEHAT

18.24


SUMBER : KORAN KOMPAS 
EDISI SENIN, 5 OKTOBER 2015 
HALAMAN 35
JUDUL : PERINGATAN 70 TAHUN PALANG MERAH INDONESIA WUJUDKAN KEBIASAAN HIDUP SEHAT

Dalam rangka mendorong banyak pihak dalam mempromosikan aksi penyumbangan darah sebagai aktivitas gaya hidup. Kegiatan ini tidak sekedar aktivitas sosial yang bertema kemanusiaan, tapi juga wujud kebiasaan hidup sehat.
Ada beberapa syarat dan ketentuan juga seseorang diperbolehkan melakukan donor darah:
1. Seseorang yang mengonsumsi oabat obatan tertentu seperti aspirin, antibiotik, antihipertensi, steroid, antikoagulan dan brberapa jenis obat lainnya tidak bisa menyumbangkan darahnya. 
2.Seorang yang merokok diperbolehkan dengan catatan "menjauhkan diri dari asap rokok atau berhenti merokok 1 jam sebelum dan setelah pendermaan darah. 
3. Tidak dianjurkan bagi seseoarang yang sudah mengonsumsi alkohol sehari sebelumnya untuk mendermakan adarahnya.
4. Seoarang Ibu menyusui juga sebaiknya tidak melakukan donor darah sekurang kurangnya selama 6 minggu setelah  melahirkan karena dapat mempengaruhi pasokan ASI dan tingkat cairan di dalam tubuh.

Beberapa manfaat dari mendonorkan darah diantaranya adalah:
1. Penurunan kandungan zat besi dalam tubuh saat menymbangkan darah dapat mengurangi risiko kanker, Dilansir dari Journal of the Nation Cancer Institute.
2. Melakukan derma darah secara teratur atau konsisten dapat mengurangi risiko kanker liver, kanker paru-paru, kanker usus besar (colon), dan kanker tenggorokan, Dilansir dari The Miller Keystone Blood Center. 
3.  Mendermakan darah secara teratur dapat mengurangi kekentalan darah yang berisiko terhadap penyakit kardiovaskular, aktifitas ini juga mengurangi risiko jantung adan stroke. Dilansir dari Penelitian Harvard Medical School Family Health Guide.

Wujudkan gaya hidup sehat.
MAU SEHAT DAN DAPAT PAHALA ? DONOR DARAH AJE!
selamatkan jiwa dan sehatkan raga 

 

You Might Also Like

0 comments

Subscribe