WORLD DIABETES DAY 14 NOVEMBER DIPERINGATI SETIAP TAHUN

19.49




#HARIDIABETESSEDUNIA #WORLDDIABETESDAY #14NOVEMBER2015
Sebagai pelaku di dunia kesehatan, para mahaiswa, staf dan dosen di lingkungan fakultas kedokteran unswagati-pun rame-rame menggunakan pita warna biru di lengan sebelah kanan. tradisi ini berlangsung setaip tahun. khusus untuk memperingati #Hari Diabetes Sedunia.
Hari diabetes sedunia 14 november diperingati setiap tahun , peringatan bertujuan untuk mempertinggi kewaspadaan global terhadap risiko penyakit diabetes. hal ini dikarenakan karena tingginya angka kesakitan diabetes yang meningkat setaip tahunnya. peringatan Hari Diabetes seluruh dunia diawali oleh IDF dan WHO tanggal yang diambil 14 November karena tanggal tersebut merupakan hari kelahiran Frederick Banting. dimana beliau bersama dengan Charles Best menemukan bahwa memang insulin dapat dipakai untu pengobatan pasien pada tahun 1922. Akhirnya pada tahun 2007 hari diabetes ini resmi sebagai Hari Diabetes Dunia.





Menurut data WHO tahun 2018, di Indonesia diabetes adalah penyebab kematian nomor satu satu dari angka kematian disebabkan oleh penyakit tidak menular. Diabetes melitus (DM) didefinisikan selaku penyakit ataupun gangguan metabolisme kronis dengan multi etiologi yang ditandai dengan tingginya kadar gula dalam darah disertai dengan gangguan metabolisme kabohidrat, lipid dan juga protein selaku akibat insufiensi fungsi insulin. Penyakit ini membutuhkan perhatian dan perawatan medis dalam waktu lama baik untuk mencegah komplikasi maupun perawatan sakit.
Prevalensi DM di Indonesia beranjak naik dari tahun ke tahun. Penderita yang terkena bukan hanya berusia senja, namun banyak pula yang masih berusia produktif. Prevalensi DM berdasarkan diagnosis dokter dan gejala meningkat sesuai dengan bertambahnya umur, namun mulai umur ≥65 tahun cenderung menurun. Prevalensi DM pada perempuan cenderung lebih tinggi dari pada laki-laki, di perkotaan cenderung lebih tinggi dari pada di perdesaan, serta cenderung lebih tinggi pada masyarakat dengan tingkat pendidikan tinggi dan dengan kuintil indeks kepemilikan tinggi. 
Program penanggulangan
WHO merekomendasikan bahwa stategi efektif perlu dilakukan secara terintegrasi, berbasis masyarakat melalui kerjasama lintas program dan lintas sektor termasuk swasta. Dengan demikian pengembangan kemitraan dengan berbagai unsur di masyarakat dan lintas sektor yang terkait denfan DM di setiap wilayah merupakan kegiatan yang penting dilakukan, Oleh karena itu, DM sangat penting diketahui, dimengerti dan dapat dikendalikan oleh para pemegang program, pendidik, edukator maupun kader kesehatan di masyarakat sekitar.
Tujuan program pengendalian DM di Indonesia adalah terselenggaranya pengendalian faktor risiko untuk menurunkan angka kesakitan, kecatatan dan kematian yang disebabkan DM.Pengendalian DM lebih diprioritaskan pada pencegahan dini melalui upaya pencegahan faktor risiko DM yaitu upaya promotif dan preventif dengan tidak mengabaikan uapaya kuratif dan rehabilitatif.

dikutip juga dari : http://health.liputan6.com/read/2134198/tiga-alasan-diabetes-tak-terdiagnosa-dengan-baik 

world diabetes day 2015, hari diabetes sedunia 2015. 14 november 2015, fakultas kedokteran unswagati 2015, perpustakaan fakultas kedokteran unswagati, fakultas kedokteran cirebon, hari kesehatan dunia, fakultas kedokteran cirebon, diabetes melitus, dm, penyakit diabetes, cara menangulangi penyakit diabetes. 

You Might Also Like

0 comments

Subscribe