Pemeliharaan Buku-buku Perpustakaan

23.41


Rizki Eliani

Kegiatan pemeliharaan buku-buku perpustakaan yaitu berusaha mencegah kemungkinan-kemungkinan timbulnya kerusakan buku-buku dan membetulkan atau memperbaiki buku-buku perpustakaan yang telah rusak. Untuk mencegah terjadinya keruskan buku baik akibat dari faktor manusia atau faktor alamiah. Faktor alamiah misalnya kelembapan udara, air, api, jamur, debu, sinar matahari, dan serangga .
Musuh utama segala benda yang disimpan adalah debu, suhu udara yang lembap dan paparan sinar matahari langsung serta rayap, Agar koleksi buku terhindar dari segala musuh utama diatas, berikut ini kami uraikan langkah-langkah praktis yang dapat anda lakukan.

Membersihkan dari debu

Agar buku terhindar dari debu, beberapa cara agar Anda lakukan, antara lain:
·    Bersihkan koleksi buku dengan kemoceng, jangan lupa untuk membersihkan pula bagian punggung buku karena bagian inilah yang tampak jelas dari rak buku.
·      Bersihkan koleksi buku dengan lap kering. Bila debu yang menempel sudah cukup tebal, coba basahi sedikit lap tersebut.
·           Membuka buku-buku per halamin.
·           Lakukan penyedotan dengan vaccum cleaner

Menghindari Rayap

Agar rak buku tidak mudah dihinggapi rayap, ada baiknya anda melakukan beberapa langkah berikut ini.
·           Jaga rak agar selalu kering.
·           Semprot rak yang terbuat kayu dengan antirayap secara berkala.
·           Jangan lupa beri kapur barus.
·           Taruh kemasan antiserangga yang banyak dijual di pasaran saat ini.
·           Pakai humidifier atau penyejuk udara buatan.


Bagi pecinta buku, kelengkapan dan kelayakan koleksi buku merupakan harta karun yang tak ternilai harganya. Kelompok orang seperti ini akan melakukan segala cara agar koleksi buku mereka tetap dalam kondisi baik. Dari sudut pandang kesehatan, koleksi buku yang tidak terawat bisa minimbulkan masalah. Jadi, mulai merawat koleksi anda.


Mengangin-anginkan atau menjemur buku

Bagaimana jika buku yang disimpan dalam rak jadi berbau apek atau mengeluarkan bau tak sedap. Masalah yang berhubungan dengan sirkulasi udara dalam ruangan ini biasanya timbul ketika jumlah benda yang disimpan sudah terlalu banyak. Tempat penyimpanan yang penuh sesak dan kurangnya ventilasi udara kedalam ruang menimbulkan bau apak tersebut.

Agar terhindari dari masalah ini, keluarkan koleksi buku anda dan angin-anginkan . Akan lebih baik lagi jika proses mengangin-anginkan anda lakukan diluar ruangan agar anda bisa sekaligus menjemurnya di bawah sinar matahari. Perawatan seperti ini membuat buku tetap kering dan terhindar dari jamur.

Satu hal yang perlu diingat jangan terlalu lama menjemur buku dibawah sinar matahari langsung, sebab bisa merusak kertas.

Tips Membersihkan Rak Buku
·           Keluarkan seluruh koleksi buku agar sudut-sudut rak pun tak luput dari proses pembersihan.
·      Bagaimana membersihkan rak buku dengan tepat? Perhitungkan material pembuatnya. Jika rak buku terbuat dari plastik atau logam, Anda boleh langsung menggunakan air dan sabun. Sikat setiap sudut rak agar bersihnya merata.  Lain lagi ceritanya jika rak buku buku anda terbuat dari kayu. baik yang diberi finishing kayu ataupun yang terbuat dari rotan dan kayu solid. Anda harus menerapkan teknik pembersih yang sedikit berbeda. Agar lapisan luar kayu tidak rusak dan tergores. Gunakan kemoceng lanjutkan dengan lap basah untuk mengangkat debu yang menempel di permukaannya.

Tips Menyedot Debu
·      Jika Anda alergi debu, pakai perlengkapan khusus yang dapat menghindarkan anda dari resiko terkena debu. Sarung tangan, masker, dan kacamata plastik merupakan contoh alat yang dapat anda pilih sebagai penangkap debu.
·       Sebaiknya lakukan penyedotan debu dalam ruang pada pagi hari. Alasannya adalah agar udara luar yang anda hirup relatif masih segar. Pada siang atau sore hari. Tingkat kejernihan udara sudah jenuh sehingga udara yang kita hirup sudah banyak mengandung polusi.
·           Pilih alat penyedot debu yang aps digenggam atau tidak terlalu besar.
·          Alat penyedot debu yang bagus dilengkapi beragam model  ujung sikat dan penyedot yang dapat menjangkau celah dan sudut yang tak terjangkau tangan.
·           Biasakan untuk langsung mencuci tangan setelah membersihkan debu tak menempel di badan.



Sumber :
Bafadal, ibrahim., Pengelolaan Perpustakaan Sekolah, Jakarta: Bumi Aksara, 2009
Dee, Dewi., Home Library, Jakata: Gramedia Pustaka Utama: 2013

Gambar : 
https://books.google.co.id/books?id=Ee33CLGbspUC&printsec=frontcover#v=onepage&q&f=false
https://www.getscoop.com/id/buku/seri-rumah-ide-home-library























You Might Also Like

0 comments

Subscribe